Apple Konfirmasi Peluncuran MacBook Air 15 Inci

0
295

Saibumilampung.com (SMSI) – Apple akhirnya merilis MacBook Air 15-inci setelah beberapa bulan terakhir menjadi perbincangan yang ramai. Peluncuran ini disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Apple dalam acara WWDC 2023 pada hari Selasa (6/6/2023).

 

MacBook Air 15-inci memiliki konfigurasi yang serupa dengan MacBook Air 13-inci yang dirilis pada tahun 2022, namun hadir dengan layar yang lebih besar, yaitu 15,3-inci.

 

Meskipun tetap mempertahankan desain tipis yang menjadi ciri khas ‘Air’, laptop ini memiliki ketebalan hanya 11,5mm, menjadikannya laptop 15-inci tertipis di dunia saat ini. Bobotnya pun sangat ringan, hanya 3,3 pound (1,5 kilogram).

 

Dalam hal spesifikasi teknis, terdapat beberapa peningkatan yang patut diapresiasi. Salah satunya adalah baterainya yang lebih besar. Apple mengklaim bahwa MacBook Air 15-inci dapat bertahan hingga 18 jam.

 

Sayangnya, laptop ini masih menggunakan port MagSafe untuk pengisian daya, dan belum dilengkapi dengan port USB-C seperti yang terdapat pada seri ‘Pro’ dari MacBook Air.

 

Dalam hal komponen internal, Apple memasukkan chip M2 ke dalam MacBook Air 15-inci. Apple menyebutkan bahwa chip ini dapat meningkatkan kecepatan CPU hingga 18% dan GPU hingga 35% dibandingkan dengan pendahulunya.

 

Secara keseluruhan, Apple mengklaim bahwa jeroan MacBook Air 15-inci ini memiliki kecepatan yang 12 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan seri MacBook Air terkuat yang masih menggunakan chip Intel.

 

Secara default, MacBook Air 15-inci dilengkapi dengan CPU dan GPU 8-inti. Namun, pengguna juga memiliki opsi untuk melakukan upgrade GPU hingga 10-inti jika mereka menginginkan pengalaman grafis yang lebih baik.

 

Chip canggih ini dipasangkan dengan RAM 8GB yang dapat ditingkatkan hingga 24GB. Penyimpanan internalnya juga dapat diperluas hingga 2TB.

 

Untuk mendukung kebutuhan multimedia dan kreativitas, layar MacBook Air 15-inci menyediakan reproduksi warna hingga 1 miliar. Hal ini menjadikan akurasi visual lebih dapat diandalkan.

 

Namun, kecerahan layar terbatas hingga 500 nits, yang berarti laptop ini mungkin tidak cukup terang ketika digunakan di luar ruangan dalam paparan sinar matahari langsung.

 

Selain itu, MacBook Air 15-inci juga dilengkapi dengan sistem audio 6-speaker yang mengelilingi laptop. Hal ini akan meningkatkan pengalaman dalam mendengarkan musik, menonton film, dan melakukan pengeditan video.

 

Dengan berbagai peningkatan tersebut, Apple menetapkan harga MacBook Air 15-inci mulai dari US$1.299 atau sekitar Rp19,2 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here