Seruit Makanan Khas Lampung, ini Resepnya

0
677

Saibumi Lampung (SMSI), Kuliner – Seruit adalah makanan khas daerah Lampung, Indonesia, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambal terasi, tempoyak atau mangga biasanya menggunaka mangga kwini.

Jenis ikan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis dan tergantung selera masing-masing saja, ditambah dengan lalapan.

Hingga saat ini masyarakat lampung masih menjadikan seruit sebagai menu utama yang disajikan saat berkumpul, khususnya bagi suku Lampung Pepadun.

Ini adalah resep seruit dengan bahan sederhana,Anda dapat menyiapkan Seruit khas lampung menggunakan 11 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

 

Bahan-bahan memasak Seruit khas lampung

  1. Anda butuh 1 kg ikan nila atau sesuai selera.
  2. Kamu butuh 3 siung bawang merah.
  3. Bunda butuh 5 butir cabe merah.
  4. Bunda butuh 1 sendok makan minyak goreng.
  5. Siapkan Bahan sambel seruit.
  6. Anda butuh 50 gr cabe rawit.
  7. Bunda butuh 50 gr cabe merah.
  8. Siapkan 1 sdt garam.
  9. Siapkan 2 block terasi.
  10. Bunda butuh 200 gr rampai (tomat kecil).
  11. Siapkan 2 buah jeruk sate.

Makanan ini sangat khas sekali di lampung dan biasanya akan disajikan sebagai hidangan saat acara penikahan dan acara adat keagamaan. Seruit adalah makanan khas Lampung berupa ikan goreng atau bakar dengan bumbu tradisional. Menikmati seruit tidak akan lengkap tanpa sambal yang terdiri dari campuran terasi, lalapan. Minuman khas lampung adalah dan cara membuatnya keras alkohol daerah tradisional resep bandar contoh dari masakan gambar nama provinsi segar khas lampung adalah.

Cara membuat Seruit khas lampung

  1. Bersihkan ikan sisih kan.
  2. Haluskan bumbu cabe merah bawang merah dan garam masuk kan ke dalam ikan tambahkan minyak aduk rata diam kan 15 menit baru di panggang sampai matang.
  3. Siap kan sambel seruit sama dg sambel biasa campur semua bahan sambel yg terdiri dari garam terasi dan cabai.. Setelah halus masuk kan rampai dan di giling sampai halus dan rata setelah itu iris jeruk sate peras air nya masuk dan campur ke dalam sambel seruit…. Sambel siap di santap.
  4. Boleh juga cuma sambal terasi kasih perasan air jeruk dan di tambah air hangat sedikit..

Selamat mencoba dan menikmati masakan khas lampung ini. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here