Bikin Ngiler, 17 Makanan Khas Lampung yang Super Lezat

0
568

Saibumi Lampung (SMSI), Kuliner Р Berbicara dan membahas tentang kuliner nusantara memang tak ada habisnya dan selalu ngiler pembacanya, salah satunya kuliner dari provinsi Lampung, berikut ini adalah rangkuman dari beberapa makanan khas Lampung.

Makanan dan suguhkan cita rasa lezat dan manjakan lidah penikmatnya, jagan sampai ngiler ya.

  1. Seruit

Seruit merupakan hidangan kuliner pertama yang kerap disajikan tatkala ada acara keluarga, pernikahan, acara adat, hingga keagamaan. Makanan ini terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas BAndar Lampung, berupa tempoyak serta mangga.

  1. Geguduh

Mampir ke Lampung, kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi geguduh. Kue tradisional ini berbahan dasar pisang yang telah dihaluskan. Biasanya geguduh disajikan untuk para tamu atau ketika ada acara besar di hunian.

  1. Umbu

Makanan khas yang bernama umbu ini bisa dikatakan cukup unik. Pasalnya, bahan dasarnya merupakan rotan yang masih muda. di mana rotan muda tersebut direbus hingga lunak. Umbu biasanya dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti osen atau dihidangkan dalam bentuk lalapan.

  1. Gabing

Gabing menjadi makanan khas Lampung selanjutnya yang dibuat dari batang kelapa muda. Batang kelapa muda tersebut diiris hingga terlihat lempengan kecil memanjang, lalu direbus dan diberikan tambahan bumbu rempah khas.

  1. Pindang

Istilah pindang kini sudah tidak asing lagi. Lantaran, makanan khas ini telah melalang buana hingga seluruh penjuru nusantara. Terkenal akan rasa yang sangat unik dan aroma yang kuat, pindang biasanya disajikan dengan kuah yang berwarna kuning.

  1. Kue Segumpal

Kue segumpal menjadi hidangan kuliner tradisional yang hanya ada di musim tertentu. Yang mana Anda bisa menjumpainya dengan sangat mudah dikala bulan Ramadhan tiba. Makanan khas Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan yang dikukus.

  1. Kue Lapis Legit

Bisa dikatakan jika kue lapis legit ini merupakan kue warisan zaman kolonial yang hingga kini masih digemari oleh banyak orang. Kerap dihidangkan dikala lebaran tiba, kue lapis legit atau spekkoek memang memiliki ciri khas berupa bumbunya yang sangat harum.

  1. Sambal Asam Kembang

Bila mendengar nama sambal asam kembang, pastinya orang orang akan mengira jika makanan ini terbuat dari bahan yang asam.

Namun siapa sangka, ternyata dalam pembuatannya sambal ini tidak menggunakan bahan asam. Akan tetapi, sambal ini terbuat dari terasi yang dicampur buah kemang.

  1. Sambal Tempoyak Udang

Sambal berikutnya yang tak surut akan peminatnya yakni sambal tempoyak udang. Terbuat dari tomat dan cabai serta bahan tambahan lainnya seperti kunyit, udang, dan pete, menjadikan sambal ini sangat menggiurkan. Jadi jangan sampai melewatkan untuk tidak mencicipinya.

  1. Pisro

Makanan khas Lampung bernama Pisro ini berasal dari olahan ikan yang kerap dihidangkan sebagai jamuan makanan sehari hari masyarakat Pepadun. Ikan yang menjadi bahan utamanya yakni ikan betok dan tembakang. Kedua jenis ikan ini telah tersohor memiliki rasa yang sangat gurih.

  1. Panggang Lampung

Sesuai dengan namanya, hidangan satu ini memang dibuat dengan cara dipanggang atau diasapi. Panggang menjadikan ikan sebagai bahan utamanya yang dipanggang di atas bara api.

Proses pemanggangan tersebut ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama hingga ikannya matang.

  1. Kemplang

Kemplang merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ikan. Proses pembuatannya pun terbilang mudah, di mana kemplang dimatangkan dengan cara dipanggang. Karena pembuatannya cukup unik, sehingga rasa yang dihasilkan pun sangat gurih dan lezat.

  1. Engkak

Hampir sama dengan kue lapis legit, engkak pun merupakan kue tradisional yang terbuat dari telur dan mentega. Hanya saja, penampilan antara keduanya sangat berbeda begitupun dengan cita rasanya. Engkak sangat cocok bila disantap sebagai makanan ringan dan sarapan.

  1. Gulai Taboh

Lampung terkenal akan makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ikan. Salah satunya gulai taboh. Gulainya yang terbuat dari ubi ubian dan kacang kacangan serta dicampurkan dengan santan, membuat hidangan ini sangat lezat dan cocok dimakan bersama nasi putih hangat.

  1. Tempoyak

Makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang difermentasikan ini memang terbilang unik.

Siapa sangka, banyak orang tergila gila dengan cita rasa makanan khas Lampung ini yang sama sekali tidak membosankan. Tidak sedikit pula merasa ketagihan dan ingin kembali mencicipi tempoyang.

  1. Kopi Lampung

Bagi para pelancong dari luar daerah, belum afdol rasanya jika tidak mencicipi kopi Lampung. Dengan rasa dan aromanya yang sangat kuat, membuat kopi satu ini tersohor hingga penjuru nusantara.

  1. Manisan Buah Khas Lampung

Bukan hanya kue kue saja, Lampung pula memiliki sajian legit yang bernama manisan buah. Manisan sendiri merupakan makanan khas Lampung yang berasal dari buah buahan dan telah diawetkan dengan menggunakan cairan gula.

Melakukan perjalanan sembari menyantap makanan khas terasa sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika Anda mencicipi beberapa hidangan tradisional asal Lampung yang telah disebutkan diatas. Pastinya perut dan lidah Anda akan dimanjakan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here