Daun Tin Terbukti Klinis Miliki Manfaat Untuk Kesehatan, Salah Satu Membunuh Prasit di Dalam Tubuh

0
649

Saibumilampung (SMSI)  – Daun Tin merupakan tanaman yang kerap digadang-gadang dapat membantu menurunkan gula darah. Tak hanya itu, beragam manfaat lainnya pun dapat diperoleh dari tanaman satu ini mulai dari potensi untuk mencegah herpes, hingga TBC.

Daun ini memang sudah sejak lama digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan. Bahkan, pohon tin, juga dijuluki sebagai tanaman surga.

Berikut 4 manfaat daun tin, yaitu:

  1. Menurunkan kadar trigliserdia

Selain membantu menurunkan kadar gula darah, daun tin juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Trigliserida adalah lemak yang tersimpan di dalam tubuh manusia, yang umumnya digunakan sebagai cadangan energi.

  1. Mencegah TBC

Ekstrak daun tin juga dinilai dapat membasmi Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab TBC. Manfaat buah tin ini didapatkan dari penelitian menggunakan ekstrak ethanol dengan kadar yang sudah disesuaikan.

  1. Mencegah herpes

Ekstrak daun tin, sudah pernah diteliti untuk melihat pengaruhnya terhadap herpes simplex virus (HSV), virus penyebab herpes. Hasilnya, tanaman ini terbukti dapat membunuh HSV, apabila diberikan dalam dosis tertentu.

  1. Menghilangkan parasit

Ekstrak daun tin juga terbukti dapat menimbulkan aktivitas nematicidal. Artinya, ekstrak daun ini mampu untuk membunuh parasit-parasit penyebab penyakit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here