Donny Irawan S.E: Nelayan Perlu Sentuhan Pemerintah

0
130

Saibumilampung.com, Donny Irawan S.E Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung serta Pimpinan Media Saibumi.com mendengarkan aspirasi masyarakat di Pelelangan Ikan TPI Lempasing pada Senin, 9 Oktober 2023.

Dalam pelaksanaannya, Donny Irawan S.E berdiskusi dengan nelayan mulai dari kondisi perekonomian, hasil tangkapan ikan, dan lain sebagainya.

Terlebih saat ini kebutuhan bahan untuk keperluan pekerjaan nelayan seperti bensin dan solar lagi masih menjadi permasalahan yang terus dihadapi oleh nelayan.

“Saya Donny Irawan dari Saibumi.com, saya hadir disini di Pelelangan Lempasing dengan maksud tujuan ingin mendengar aspirasi dari para nelayan,” ungkapnya.    Saat mewawancarai salah seorang Nelayan bernama Jay, dia mengungkapkan, hasil tangkapan nelayan tergantung pada musim-musim.

“Saat ini musim cumi dan ikan, saat ini cumi satu kilo bisa sampai harga Rp60-70 ribu perkilogram, cumi segar,” jelas pria yang kerap disapa Kang Jay itu.

Disampaikan Kang Jay meski hasil tangkapan tak menentu, namun ia selalu bersyukur dengan hasil yang diperoleh setiap harinya.

“Kita bawa ke pelelangan TPI ada yang jual sendiri juga, kalau untuk yang mancing biasanya pada jual sendiri untuk mencari nafkah keluarga,” tuturnya.

Donny Irawan S.E pun menanyakan perihal ketersediaan bahan bakar untuk para nelayan agar bisa melaut.    Kang Jay menyampaikan, bahwa soal ketersediaan solar di TPI Lempasing masih terjaga. Namun, hanya ada satu permasalahan yakni saat membeli harus mengantri terlebih dahulu.

“Iya kesulitan pasti ada, tapi saat ini masih lancar. Paling kesulitan kalau beli harus antri aja. Karena ada bagian-bagiannya,” ujarnya.

“Saya kalau libur dari laut usaha lain di darat, apa aja yang penting halal dan orang rumah bisa masak,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here