Marsda TNI Bambang Gunarto: 3 Manfaat Shorinji Kempo yaitu Pertahanan Diri, Pelatihan Mental, dan Meningkatkan Kesehatan

0
404

Saibumi Lampung, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. dalam amanatnya yang dibacakan Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., yang bertindak selaku Irup pada upacara bendera tujuh belasan di Lapangan Upacara Makoopsud I pada Jumat, 17 Februari 2023 menekankan untuk terus menjaga netralitas jelang pemilu 2024.

“Secara khusus, saya meminta kepada seluruh prajurit untuk terus menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis, menjelang pesta demokrasi di tahun 2024,” demikian penekanan, dikutip Minggu (19/2/2022).

Lebih lanjut, mengingat pada tahun ini juga merupakan awal tahun politik menuju Pemilu 2024, di mana sangat dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak untuk mengamankan serta menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Tingkatkan terus sinergisitas TNI/ POLRI, dalam rangka menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional, guna menjaga stabilitas rasa aman dan damai di tengah pembangunan bangsa,” jelasnya.

Dan yang tidak kalah penting, menurut Kasau, prajurit TNI Angkatan Udara harus senantiasa cepat dan tanggap membantu permasalahan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Khususnya, dalam menyukseskan program sosial pemerintah dalam upaya penurunan stunting bagi bayi dan anak Indonesia,” tuturnya.

*Panglima Mendadak Jadi Pelatih Shorinji Kempo*.

Usai pelaksanaan upacara, Pangkoopsud I menyempatkan waktunya untuk mengajak anggota Makoopsud I agar lebih mengenal bela diri yang berasal dari Jepang yaitu Shorinji Kempo. Gerakan bela diri, yang menyatukan tubuh dan jiwa ini sudah digeluti oleh Panglima sejak mengawali karier di TNI AU.

Di sela-sela melatih, Panglima mengharapkan kepada anggota, agar tetap menjaga kesehatan dengan berolah raga, kita juga harus mampu menjaga diri sendiri dari serangan orang lain dengan terus mengembangkan bela dirinya yang salah satunya Shorinji Kempo.

“Bela diri Shorinji Kempo, mempunyai 3 manfaat yaitu pelatihan dan pertahanan diri, pelatihan mental dan meningkatkan kesehatan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Kastaf Koopsud I Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Irkoopsud I Marsma TNI Ir. Yudy Mandega, M.Tr(Han), para Asisten, Sahli dan para Pejabat Utama Koopsud I, dan juga para Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Makoopsud I. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here