Wisata Alam Mempersona, Air Terjun Ciupang Menenangkan Jiwa

0
645

Saibumi Lampung (SMSI), Pesawaran – Libur akhir pekan dengan mengunjungi curug atau air terjun adalah pilihan tepat. Menikmati kesegaran air yang mengalir dari pegunungan adalah obat mujarab untuk melepas penat setelah lelah dengan rutinitas yang membebani otak dan pundak.

Lampung punya air terjun yang banyak jumlahnya, salah satunya yang berada di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung yang bernama Air Terjun Ciupang.

Air Terjun Ciupang memiliki keunikan yang jarang ditemukan di curug lainnya. Keunikan itu berupa dua tingkatan air yang terbentuk secara alami dan dipisahkan oleh jurang yang cukup tinggi.

Air terjun yang pertama berada di tingkatan atas. Ketinggian tebingnya sekitar 15 Meter. Air terjun ini juga memiliki sebuah kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berendam.

Sementara air terjun kedua tingginya hanya sekitar 5 Meter. Sama dengan atas, air terjun kedua juga memiliki satu kolam lagi di bawah yang biasa digunakan wisatawan untuk berendam.

Akses menuju Air Terjun Ciupang bisa dibilang susah-susah gampang. Jika Anda berangkat dari Kota Bandar Lampung, perjalan menuju air terjun memakan waktu tempuh cukup lama sekitar 2 jam dengan mengendarai kendaraan roda dua.

Selain menikmati pemandangan rindang dan udara sejuk, Anda akan dibuat nyaman dengan sejumlah fasilitas yang sudah dibangun di sekitar air terjun. Fasilitas itu berupa bangunan mushola, beberapa balkon dengan kapasitas 4 Orang yang bertengger di pepohonan, juga toilet yang tersedia di beberapa titik air terjun.

Sayangnya fasilitas lain seperti penginapan, restoran, atau tempat oleh–oleh belum tersedia. Namun bagi Anda yang penasaran merasakan sensasi bermalam dekat dengan air terjun bisa mendirikan tenda dan menyiapkan semua keperluannya sendiri. Di beberapa area dekat air terjun memiliki bentuk tanah yang cukup lapang. Karena belum ada restoran dan toko makanan, maka sebaiknya membawa bekal dari rumah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here